SOAL :
1.
Definisikan pengertian SIM menurut saudara !
(Bobot 10%)
2.
Berikan saran-saran kepada pimpinan/manajer
puncak tempat saudara ‘bekerja’ atau “belajar” tentang pentingnya implementasi
sistem informasi manajemen SIM pada organisasi/perusahaan tempat saudara
‘bekerja’ atau “belajar”! (bobot 10%)
3.
Faktor-faktor apa yang mempengaruhi gagalnya
dalam membangun SIM. (bobot 10%)
4.
Jelaskan yang saudara ketahui tentang bisnis
global dan strategi-strateginya dalam menyikapi persaingannya.(bobot 10%)
5.
Apa yang saudara ketahui tentang moral, etika
dan hukum serta bagaimana penerapannya (dalam bidang ICT)?. Jelaskan pula
hubungan antara moral, etika dan hukum tersebut. (bobot 10%)
6.
Keyakinan apa yang membuat proposal penawaran
kerjasama yang saudara buat dapat diterima ‘calon customer’. Jelaskan ! (bobot
10%)
7.
Komponen-komponen apa saja yang perlu
diperhatikan dalam pembuatan sebuah proposal penawaran kerjasama yang saudara
buat tersebut. Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen tersebut.(bobot 10%)
8.
Penilaian dan evaluasi tentang kinerja terhadap
atasan atau bawahan mutlak diperlukan dalam sebuah organisasi/perusahaan.
Sebutkan dan jabarkan komponen apa saja penilaian/evaluasitersebut. (bobot
20%)
9.
Perkembangan jaringan elektronik baik untuk
perdagangan, pendidikan, pemerintahan seperti e-commerce, e-learning dan
e-government semakin menunjukkan hasil dan perkembangan yang signifikan.
Buatlah sebuah konsep baru jaringan elektronik menurut saudara dalam ‘minimal’
dua paragrap. Contoh/ide (tidak untuk dibuat jawaban): e-pesantren, e-doctor.
(bobot 10%)
Jawab :
- SIM (Sistem Informasi dan Manajemen adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi
- Saran – saran kepada pimpinan :
·
Persiapan
menghadapi perubahan ekonomi global
·
mempersiapkan
sumber daya atau masyarakat yang berbasis pengetahuan tinggi dan juga informasi
·
meregenerasi
atau mempersiapkan teknologi untuk kedepannya dalam menghadapi
persaingan-persaingan yang akan timbul.
3. Faktor yang mempengaruhi gagalnya dalam
membangun SIM adalah :
·
Kurangnya
Organisasi yang wajar
·
Kuranganya
perencanaan yang wajar
·
kurangnya
personil yang handal
·
Kurangnya
partisipasi manajemn dalam bentuk keikutsertaanpara manajer dalam merancang
sistem, mengendalikan upaya pembangunansistem dan motivasi seluruh personil
yang di dapat
4. Bisnis
Global ialah bisnis yang jangkauan kerjanya sampai ke lebih dari satu negara alias banyak negara,
strategi - strateginya ialah :
·
Meningkatkan
kualitas pelayanan dan service kepada konsumen atau negara lain.
·
Meningkatkan
standart mutu dari produk yang akan di pasarkan atau dijual kepada konsumen
atau negara lain.
5. Moral ialah Ajaran tentang apa yang dilarang
dan apa yang diwajibkan oleh manusia sipaya bisa menjadi lebih baik, Etika
ialah merupakan filsafat moral sebagai pemikiran kritis dan mendasar mengenai
ajaran-ajaran moral atau etika juga ilmu tentang moralitas, Hukum ialah sistem
yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan
Penerapan 3 sisi tersebut sangat penting sekali dalam bidang
ICT, kenapa demikian karna dengan kita berkomunikasi kepada lawan bicara kita
dalam memberikan segala hal mengenai informasi dan teknologi dengan mempunya
moral, etika dan penetahuan hukum maka segala hal akan menjadi lancar dan
respon positif keluar dari lawan bicara kita.
6. Keyakinan diterimanya sebuah proposal kerjasama
terletak pada isi proposal tersebut, dimana dari isi tersebut dijelaskannya
keuntungan – keuntungan yang didapat dari kedua belah pihak, dan juga segala
beban biaya-biaya operasional yang telah dianggarkan jangan sampai pihak calon
customer mendapatkan kerugian dari kerjasam tersebut
7. Komponen – Komponen dalam pembuatan proposal :
a) Pendahuluan, sebagai prakata pembuatan proposal
b) Latar Belakang, menceritakan mengenai sejarah ataupun perkembangan saat ini mengenai
apa yang akan kita ajukan
c) Tujuan, memberikan wacana atau argument mengenai dampat positif ataupun
tujuan dari pengajuan tersebut.
d) Rincian acara / Anggaran biaya / Keuntungan
(Benefit) untuk ke 2 belah pihak, pemaparan secara detil mengenai anggaran
biaya maupun benefitnya
e) Penutup
8. Komponen Penilaian / evaluasi karyawan atau
atasan berbeda-beda dalam setiap perusahaan, berikut beberapa contoh komponen
penilaian dengan menggunakan sistem kompetensi yaitu :
a) Kompetensi dasar, meliputi : Integritas
(hubungan,kerjasama, keterbukaan), Drive result (mampu melakukan perubahan dan
evaluasi kerja), Customer Service (memberikan pelayanan yang lebih baik)
b) Kompetensi Level, melipti : Mengembangkan diri
sendiri & Percaya diri, Pemikiran Logis dan Sistematis
c) Kompetensi Pekerjaan, kemampuan kita dalam
menguasai pekerjaan yang telah ditentukan dengan membekali atau menambah
wawasan pengetahuan
d) Target Kerja, kemampuan untuk membuat hasil yang
baik sesuai dengan yang ditargetkan atau melebihi
Yg nomer sembilan jawabannya apa ya?
BalasHapusyang no 9 jawaban nya apa
BalasHapus