Rabu, 05 Oktober 2011

Indonesia Kreatif

http://www.indonesiakreatif.net
Gue tau website itu dari yang punya nya langsung waktu gue ikut Acara Film di Kominfo Palembang tanggal 30 September 2011
yang punya bilang kalo isinya itu macem- macem yang pastinya Kreatif dan bisa juga buat tanya jawab atau share dan banyak lagi Fungsinya


Inilah Sekilas Tentang Indonesia Kreatif :

Indonesia Kreatif adalah program Kementerian Perdagangan untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia. Program ini diluncurkan sebagai implementasi dari cetak biru pengembangan ekonomi kreatif Indonesia yang diluncurkan Presiden pada tahun 2008. 

Pengelola program ini terdiri dari para volunteer yang telah terlibat dalam inisiasi pengembangan ekonomi kreatif Indonesia sejak tahun 2006 seperti pemetaan kontribusi industri kreatif, cetak biru pengembangan ekonomi kreatif, inpres 6 th.2009 tentang pengembangan ekonomi kreatif, tahun indonesia kreatif, dan lain-lain.
Secara formal Indonesia Kreatif diresmikan pada 23 Juni 2010 oleh Ibu Mari Elka Pangestu bersamaan dengan peluncuran Portal Ekonomi Kreatif www.indonesiakreatif.net. Sejalan dengan peran yang telah dipilih Kementerian Perdagangan, Indonesia Kreatif mengambil posisi sebagai hub agency, fasilitator, penjangkau publik (public outreach) dalam pengembangan ekonomi kreatif Indonesia.

Indonesia Kreatif memiliki 3 program utama yakni Creativepreneur, Creative City dan Creative Network (3C).  Creativepreneur merupakan program penciptaan dan peningkatan kapasitas entrepreneur industri kreatif, Creative City adalah program penciptaan dan pengembangan kota kreatif, sedangkan Creative Network adalah program penciptaan dan pengembangan jejaring antara tokoh kreatif, pelaku bisnis kreatif, komunitas, pemerintah, akademisi, investor sebagai motor penggerak ekonomi kreatif baik dalam maupun di luar negeri.
Selain tiga program utama tersebut, Indonesia Kreatif memiliki beberapa program pendukung antara lain: penelitian ekonomi kreatif, dukungan terhadap PPKI, sosialisasi pengembangan ekonomi kreatif, portal ekonomi kreatif dan penyusunan direktori kreatif.
Tentang Portal nya :
Portal Indonesia Kreatif adalah sebuah portal/gerbang informasi resmi pemerintah Indonesia yang khusus menangani seputar industri kreatif di Indonesia. Portal Indonesia kreatif mencoba untuk mensinergikan para pelaku kreatif, pelaku bisnis, dan pemangku kebijakan di Indonesia sehingga tercipta satu corong informasi official industri kreatif Indonesia demi percepatan pengembangan industri kreatif di Indonesia. Selain itu, portal ini kedepannya akan dikembangkan menjadi pusatdatabase industri kreatif yang juga mencakup nilai statistik dari industri kreatif (nilai kontribusi PDB, tingkat penyerapan tenaga kerja, jumlah perusahaan, nilai ekspor impor), hasil penelitian mengenai industri kreatif, dan direktori orang-orang kreatif, komunitas, dan asosiasi.
Tujuan utama dari penciptaan portal ini adalah membuka akses terhadap talenta dan potensi kreatif Indonesia yang dalam pengembangannya akan diarahkan melalui 4 misi yaitu sebagai:
  1. Media Pendidikan, yaitu memberikan wawasan kepada stakeholder kreatif mengenai ekonomi kreatif, meliputi kegiatan yang dilakukan, pelaku, perkembangan, dan komunitas–komunitas;
  2. Corong informasi pemerintah, yaitu menyampaikan kepada seluruh stakeholder kreatif materi–materi terkait dengan usaha pemerintah dalam memajukan ekonomi kreatif;
  3. Media Promosi, yaitu mempromosikan ekonomi kreatif kepada masyarakat di dalam dan luar negeri;
  4. Pendorong kerjasama kreatif, yaitu menfasilitasi individu, kelompok maupun asosiasi kreatif, agar mereka dapat bekerjasama satu sama lain baik di dalam maupun di luar negeri.
Portal indonesia kreatif ini diinisiasi oleh Departemen Perdagangan sebagai pilot projectpengembangan portal Indonesia kreatif yang akan menjadi milik pemerintah dan rakyat Indonesia.
Semoga Bangsa Indonesia Menyukai Website ini dan semoga makin maju.
Intinya kalo lo Pengen cari Artikel atau apa tinggal Cari di 
http://www.indonesiakreatif.net

karena Pencarian nya uda di persempit untuk wilayah Indonesia saja, dan lo ga perlu buka website ga penting lainnya.


Ini Baru Website Bermanfaat http://www.indonesiakreatif.net

0 Komentar:

Posting Komentar