Senin, 24 Oktober 2011

Sistem Informasi Manajemen (Soal dan Jawaban UTS)


SOAL :
1.      Definisikan pengertian SIM menurut saudara ! (Bobot 10%)
2.      Berikan saran-saran kepada pimpinan/manajer puncak tempat saudara ‘bekerja’ atau “belajar” tentang pentingnya implementasi sistem informasi manajemen SIM pada organisasi/perusahaan tempat saudara ‘bekerja’ atau “belajar”! (bobot 10%)
3.      Faktor-faktor apa yang mempengaruhi gagalnya dalam membangun SIM. (bobot 10%)
4.      Jelaskan yang saudara ketahui tentang bisnis global dan strategi-strateginya dalam menyikapi persaingannya.(bobot 10%)
5.      Apa yang saudara ketahui tentang moral, etika dan hukum serta bagaimana penerapannya (dalam bidang ICT)?. Jelaskan pula hubungan antara moral, etika dan hukum tersebut. (bobot 10%)
6.      Keyakinan apa yang membuat proposal penawaran kerjasama yang saudara buat dapat diterima ‘calon customer’. Jelaskan ! (bobot 10%)
7.      Komponen-komponen apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sebuah proposal penawaran kerjasama yang saudara buat tersebut. Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen tersebut.(bobot 10%)
8.      Penilaian dan evaluasi tentang kinerja terhadap atasan atau bawahan mutlak diperlukan dalam sebuah organisasi/perusahaan. Sebutkan dan jabarkan komponen apa saja penilaian/evaluasitersebut. (bobot 20%)                                                       
9.      Perkembangan jaringan elektronik baik untuk perdagangan, pendidikan, pemerintahan seperti e-commerce, e-learning dan e-government semakin menunjukkan hasil dan perkembangan yang signifikan. Buatlah sebuah konsep baru jaringan elektronik menurut saudara dalam ‘minimal’ dua paragrap. Contoh/ide (tidak untuk dibuat jawaban): e-pesantren, e-doctor. (bobot 10%)



Jawab :
  1. SIM (Sistem Informasi dan Manajemen adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi
  2. Saran – saran kepada pimpinan :
·         Persiapan menghadapi perubahan ekonomi global
·         mempersiapkan sumber daya atau masyarakat yang berbasis pengetahuan tinggi dan juga informasi
·         meregenerasi atau mempersiapkan teknologi untuk kedepannya dalam menghadapi persaingan-persaingan yang akan timbul. 
      3.   Faktor yang mempengaruhi gagalnya dalam membangun SIM adalah :
·         Kurangnya Organisasi yang wajar
·         Kuranganya perencanaan yang wajar
·         kurangnya personil yang handal
·         Kurangnya partisipasi manajemn dalam bentuk keikutsertaanpara manajer dalam merancang sistem, mengendalikan upaya pembangunansistem dan motivasi seluruh personil yang di dapat
       4. Bisnis Global ialah bisnis yang jangkauan kerjanya sampai ke lebih dari satu negara                        alias banyak negara, strategi - strateginya ialah :
·         Meningkatkan kualitas pelayanan dan service kepada konsumen atau negara lain.
·         Meningkatkan standart mutu dari produk yang akan di pasarkan atau dijual kepada konsumen atau negara lain.
5.   Moral ialah Ajaran tentang apa yang dilarang dan apa yang diwajibkan oleh manusia sipaya bisa menjadi lebih baik, Etika ialah merupakan filsafat moral sebagai pemikiran kritis dan mendasar mengenai ajaran-ajaran moral atau etika juga ilmu tentang moralitas, Hukum ialah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan 
     
      Penerapan 3 sisi tersebut sangat penting sekali dalam bidang ICT, kenapa demikian karna dengan kita berkomunikasi kepada lawan bicara kita dalam memberikan segala hal mengenai informasi dan teknologi dengan mempunya moral, etika dan penetahuan hukum maka segala hal akan menjadi lancar dan respon positif keluar dari lawan bicara kita.
6.     Keyakinan diterimanya sebuah proposal kerjasama terletak pada isi proposal tersebut, dimana dari isi tersebut dijelaskannya keuntungan – keuntungan yang didapat dari kedua belah pihak, dan juga segala beban biaya-biaya operasional yang telah dianggarkan jangan sampai pihak calon customer mendapatkan kerugian dari kerjasam tersebut
7.     Komponen – Komponen dalam pembuatan proposal :
a)    Pendahuluan, sebagai prakata pembuatan proposal
b)    Latar Belakang, menceritakan mengenai sejarah ataupun perkembangan saat ini mengenai apa yang akan kita ajukan
c)    Tujuan, memberikan wacana atau argument mengenai dampat positif ataupun tujuan dari pengajuan tersebut.
d)   Rincian acara / Anggaran biaya / Keuntungan (Benefit) untuk ke 2 belah pihak, pemaparan secara detil mengenai anggaran biaya maupun benefitnya
e)    Penutup
8.  Komponen Penilaian / evaluasi karyawan atau atasan berbeda-beda dalam setiap perusahaan, berikut beberapa contoh komponen penilaian dengan menggunakan sistem kompetensi yaitu :
a)    Kompetensi dasar, meliputi : Integritas (hubungan,kerjasama, keterbukaan), Drive result (mampu melakukan perubahan dan evaluasi kerja), Customer Service (memberikan pelayanan yang lebih baik)
b)    Kompetensi Level, melipti : Mengembangkan diri sendiri & Percaya diri, Pemikiran Logis dan Sistematis
c)    Kompetensi Pekerjaan, kemampuan kita dalam menguasai pekerjaan yang telah ditentukan dengan membekali atau menambah wawasan pengetahuan
d)   Target Kerja, kemampuan untuk membuat hasil yang baik sesuai dengan yang ditargetkan atau melebihi

1 Komentar: